BERITADAERAHEKONOMIPUBLIKASI

Terus Naik, Harga Jual TBS di Nagan Raya Rp2.850 Per Kilogram

Suka Makmue – Harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh hingga saat ini terpantau stabil berada di kisaran harga Rp2.730 hingga Rp2.850 per kilogram.

“Alhamdulillah, sejauh ini masih stabil harga penjualannya,” kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Abdul Latif di Suka Makmue, Senin.

Ia mengatakan, harga jual tandan buah segar kelapa sawit di daerah ini terdapat perbedaan harga jual dari petani ke pihak perusahaan, karena disesuaikan dengan kualitas buah yang dijual.

Misalnya kata dia, sebuah perusahaan harga jual atau beli TBS kelapa sawit milik petani sebesar Rp2.730 ribu per kilogram.

Sedangkan di perusahaan lainnya, kata dia, harga yang ditetapkan oleh pihak perusahaan lainnya berkisar antara Rp2.800 hingga Rp2.850 per kilogram.

Berpengaruhnya harga jual tersebut, dipengaruhi oleh faktor rendemen atau kualitas TBS kelapa sawit yang dijual oleh petani, karena nilai prosentase perbandingan

antara nilai kering (output) terhadap nilai basahnya (saat panen) tidak sesuai dengan hasil yang akan diperoleh saat kelapa sawit diolah nantinya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada petani kelapa sawit agar benar-benar merawat tanaman dengan baik, dengan memberikan kandungan unsur hara yang cukup, sehingga diharapkan dapat menghasilkan buah dengan kualitas terbaik saat dipanen nantinya, tutur Abdul Latif.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !