BERITADAERAHKHAZANAH

Upaya Pemenuhan Penukaran Rupiah Kepada Masyarakat, BI Kick Off Semarak Rupiah Ramadan & Berkah Idul Fitri 2023

Banda Aceh – Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh gelar kegiatan Kick Off Semarak Rupiah Ramadan & Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2023 KPw BI Provinsi Aceh Tahun 2023, di Kantor BI Banda Aceh.

Diketahui, kegiatan Kick Off SERAMBI tersebut merupakan rangkaian kerja sama kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat periode Ramadan dan Idulfitri 2023.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Aceh, Rony Widijarto mengatakan, agar seluruh perbankan sebagai Stakeholder strategis BI untuk berperan dan mengajak masyarakat untuk semakin cinta, bangga dan paham rupiah dengan mempopulerkan edukasi CBP rupiah.

“Jadi, dalam rangka memenuhi kebutuhan uang rupiah, jenis pecahan yang sesuai dan dalam kondisi yang layak edar, baik Uang Pecahan Besar (UPB) maupun Uang Pecahan Kecil (UPK) periode Ramadhan dan Idul Fitri 1444H, diperlukan Kerja sama antar BI dengan Perbankan, BRPS dan PT Pos Indonesia dalam pendistribusian Uang Kartal yang layak edar kepada masyarakat,” kata Rony Widijarto, Senin 27 Maret 2023.

Hal ini sesuai dengan Undang-undang No.7 tahun 2011 Bab IV perihal penukaran rupiah Pasal 22, bahwa penukaran rupiah disalurkan oleh BI, Bank yang beroperasi di Indonesia, atau pihak yang ditunjuk oleh BI.

“Kemudian, untuk mencukupi kebutuhan uang tunai periode Ramadan dan Idulfitri 1444H di Provinsi Aceh, BI Provinsi Aceh dan BI Lhokseumawe telah menyediakan uang tunai sebanyak 4 triliun,” terangnya..

Sehingga, lanjut Rony Widijarto, BI Aceh berkerjasama dengan Perbankan, BPRS dan PT. Pos Indonesia untuk membuka layanan penukaran uang yang tersebar di 47 jaringan kantor cabang dari 13 Perbankan Syariah, 2 BPRS dan 1 PT. Pos Indonesia pada periode 28 Maret s.d 18 April 2023.

“Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan penukaran uang melalui layanan kas keliling BI, Perbankan dan BPRS di halaman Parkir Barata,” jelasnya.

Diterangkan juga, untuk masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang, masyarakat diharapkan dapat melakukan pemesanan penukaran uang dengan menggunakan Aplikasi Pintar (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir di lokasi.

Kick Off tersebut juga di hadiri oleh jajaran Deputi Bank Indonesia, Dirut Bank Aceh Syariah, Kepala regional BSI, Kepala Cabang BTN Syariah, Kacab Muamalah, BPR Mustaqim, Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali, Asisten II Peko banda Aceh,serta para Media di Kantor perwakilan Bank Indonesia Jln Cut Mutia Kota Banda Aceh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !