BERITADAERAH

Libur Panjang Idu Fitri 1444H, Ribuan Wisatawan Kunjungi Sabang

Sabang – Ribuan wisatawan memanfaatkan libur hari raya Idul Fitri 1444 H/2023 M untuk berlibur, menikmati keindahan Kota Sabang bersama keluarga.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang Husaini menyebutkan, setidaknya terdapat 28.967 penumpang yang menggunakan jasa kapal penyeberangan, dari maupun ke Sabang.

“Alhamdulillah jalur transportasi laut lancar dan terantisipasi, semua terangkut, baik dari Sabang maupun dari Banda Aceh. Lonjakan penumpang sudah terlihat H+2 lebaran,” kata Husaini, Rabu (26/4).

Lanjutnya, sejumlah 28 ribu lebih penumpang ini, terhitung mulai H-7 lebaran pertanggal 15 April, sampai H+4 lebaran tanggal 25 April 2023. Sementara puncak kunjungan wisatawan, mencapai seribuan per hari mulai H+2 lebaran.

“Dalam kurun waktu tersebut, sekitar 13.901 orang yang datang ke Sabang, dan sebanyak 15.066 ke Banda Aceh. Total hampir 29 ribu lah, yang keluar masuk Sabang,” ujarnya.

Kemudian, untuk kendaraan roda dua yang berangkat dari Sabang sebanyak 3.207 dan tiba 3.491 kendaraan. Sementara untuk kendaraan roda empat, yang berangkat dari Sabang sebanyak 826 kendaraan, dan yang tiba sebanyak 916 kendaraan.

Hal senada disampaikan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal Azwar, yang mengatakan lonjakan wisatawan mulai terlihat pada H+2 lebaran.

“Lonjakan wisatawan sudah mulai terlihat dari lebaran ke dua. Jumlah kunjungan wisatawan hari ke 2,3,4 lebaran mencapai 6.353 orang, semua aspek masih terkendali dengan baik. Sementara tingkat tingkat okupansi hotel sudah mencapai 80 persen. Ini kita perkirakan sampai hari Minggu masih terus bertambah,” jelas Faisal.

Dia menambahkan, kebanyakan wisatawan berasal dari wilayah sumatera, terutama Sumatera Utara, namun juga ada yang dari pulau Jawa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !