DAERAH

Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Dukung Program Konseling Pra Nikah

Banda Aceh – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh dari Partai Demokrat H Isnaini Husda, SE mendukung penuh program konseling pra nikah bagi remaja Kota Banda Aceh sebagai upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Baginya, konseling pranikah bagi calon pengantin ataupun remaja merupakan wujud nyata kesungguhan Pemerintah dalam memastikan pembangunan bangsa melalui keharmonisan perkawinan yang ideal.

“Ini penting sebagai wujud menciptakan generasi emas di Kota Banda Aceh, karena dalam prosesnya, remaja calon pengantin akan diberikan sebuah pemahaman membangun rumah tangga yang baik,” katanya. Banda Aceh, Sabtu (19/02/2024).

Dengan konseling pra nikah, diharapkan dapat mempersiapkan calon pengantin untuk menghadapi berbagai kondisi dalam rumah tangga. Termasuk juga mempersiapkan diri menjadi orang tua yang bertanggungjawab mendidik anak-anaknya nanti.

“Hal ini juga penting mengingat anak-anak ini nantinya akan menjadi penerus bangsa yang akan memegang tongkat estafet pembangunan negeri,” urainya.

Pasangan yang hendak membangun rumah tangga, lanjut Isnaini, memang mesti dibekali ilmu dan kesadaran akan pelbagai hal yang mungkin didalui dalam pernikahan. Sebab menurutnya proses ini bukan hanya mengandalkan kesiapan fisik dan materi, melainkan juga mental yang perlu disiapkan matang.
“Maka dalam konteks ini perlu digalakkan lagi adanya semacam kelas konseling pranikah,” kata dia.

Ia menyebut, dalam konseling pranikah itu nantinya akan diajarkan beberapa hal krusial misalnya soal tujuan perkawinan, hak dan kewajiban masing-masing peran pasangan, serta cara untuk saling memahami pasangan, seluk-beluk kesehatan reproduksi dan persalinan, hingga perihal kesehatan ibu hamil dan anak.

“Konseling pranikah penting dilakukan sebagai langkah menurunkan angka perceraian dan terjadinya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak” pungkasnya. (Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !