BERITA

Status Darurat Dicabut, WHO Singgung Pertempuran COVID Belum Berakhir

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakhiri status darurat global untuk COVID-19 pada Jumat (5/5/2023). Ditegaskannya, negara-negara sekarang harus mengelola virus Corona, yang hingga kini telah menewaskan lebih dari 6,9 juta orang bersama dengan penyakit menular lainnya.
Komite Darurat badan kesehatan global bertemu pada Kamis (4/5) dan merekomendasikan WHO untuk mendeklarasikan diakhirinya krisis virus Corona sebagai ‘darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional’.

“Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan COVID-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” ungkap Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari Reuters, Minggu (7/5). Sembari ia menambahkan, berakhirnya keadaan darurat tidak berarti COVID-19 berakhir sebagai ancaman kesehatan global.

“Kita tidak bisa melupakan tumpukan api itu. Kita tidak bisa melupakan kuburan yang telah digali. Tak satu pun dari kita di sini akan melupakannya,” kata pimpinan teknis WHO untuk COVID-19 Maria Van Kerkhove lebih lanjut.
Tingkat kematian akibat COVID-19 telah melambat dari puncak dengan lebih dari 100 ribu orang per minggu pada Januari 2021, menjadi lebih dari 3.500 dalam seminggu hingga 24 April 2023. Menurut WHO, kondisi tersebut disebabkan cakupan vaksinasi COVID-19 meluas, ketersediaan perawatan yang baik, dan tingkat kekebalan pada populasi.

Mengakhiri keadaan darurat dapat berarti bahwa kolaborasi internasional atau upaya pendanaan juga diakhiri. Walaupun, banyak yang telah beradaptasi ketika pandemi mereda di berbagai wilayah.

“Pertempuran belum berakhir. Kami masih memiliki kelemahan dan kelemahan yang masih kami miliki di sistem kami akan terpapar oleh virus ini atau virus lain. Dan itu perlu diperbaiki,” ujar Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !