BERITA

Sukses Lalui 23 Kabupaten, Kirab Obor Api PON XXI Berakhir di Banda Aceh

Banda Aceh – Kirab obor api pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut kini telah sukses menyelesaikan misinya untuk mengelilingi 23 Kabupaten dan Kota di Provinsi Aceh.

PJ Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya menyebutkan Kirab Api yang telah dilaksanakan tersebut sebagai bentuk atau simbol dari semangat dan kebersamaan dalam mensukseskan event nasional itu.

“Sebuah api yang membakar semangat kita untuk mengikuti kompetisi secara sportif dan fair dalam pagelaran PON XXI Aceh-Sumut,” ungkapnya, Jumat, 6 September 2024.

Melalui Kirab PON XXI Aceh -Sumut itu pula tambah Ade, telah menunjukkan kepada dunia bahwa Tanah Rencong siap menjadi tuan rumah yang sukses dan mampu menyelenggarakan event tersebut dengan baik.

“Terlebih lagi jika pagelaran PON menjadi ajang olahraga terbesar di Indonesia, yang mempertemukan para atlet terbaik dari berbagai daerah untuk bertanding dalam berbagai cabang olahraga,” tegasnya.

Diketahui, obor api pada Kirab PON XXI Aceh – Sumut berasal dari Gunung Jaboi, Sabang. Proses perjalanan obor api itu dimulai sejak Selasa, 27 September 2024 lalu.

Kemudian rombongan memulai perjalanan ke arah Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Jaya, Aceh Barat, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Subulussalam.

Selanjutnya tim juga bertolak ke Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar dan berakhir di Banda Aceh.

Nantinya, obor api itu direncakan akan ditempatkan sementara di Pendopo Wali Kota Banda Aceh. Untuk kemudian pada esok harinya diserahkan ke Pemerintah Aceh.

Puncaknya pada acara malam pembukaan PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin, 9 September 2024 malam, api obor tersebut akan disulut ke obor kaldron.[]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !