BERITAPUBLIKASI

Satu Bulan Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Aceh Selatan Naik Drastis

Aceh Selatan – Satu bulan menjelang bulan Suci Rhamadan, harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan drastis di Pasar Inpres Tapaktuan, Aceh Selatan.

Salah seorang pedagang, Khairudin mengatakan melonjaknya harga-harga salah satunya disebabkan kurangnya pasokan, ditambah menurunnya tingkat daya beli Masyarakat.

Sebut saja harga tomat saat ini masih cukup tinggi di kisaran Rp15.000/kg, bukan hanya itu, bahkan cabe naik menjadi 40-45 rb/kg, bawang 35-40rb/kg, dan kentang naik 12 rb/kg, tingginya harga tersebut membuat daya beli masyarakat terus menurun.

“Harga tomat dan cabe masih mahal, dua kali lipat dibanding harga normal, sudah dua pekan inilah harganya melambung, karena pasokan dari petani juga sedikit”, katanya Rabu (02/3/2022).

Kelangkaan pasokan barang lantaran hasil tani kurang bagus dimusim kemarau, dan itu langsung dia tanyakan kepihak petani Medan melalui via teleponnya.

“Saya pesan barang 2 keranjang dan itupun saya banyak ruginya, karena barang yang dikirim begitu sampai banyak yang tidak layak jual, ini dikarenakan barang yang dikirim ada yang sudah tidak segar lagi akibat kelangkaan barang”, keluhnya.

Sementara itu Sahrul seorang padagang Grosir mengatakan omzetnya mengalami penurunan sekitar 30% dari sebelumnya, karena pembeli lebih memilih belanja kebutuhan pokok saja.

”Untuk penjualan beras, telur dan minyak makan masih cukup tinggi, bahkan sempat mengalami kekosongan barang. Untuk barang kebutuhan lainnya yang mengalami penurunan daya beli masyarakat “, jelasnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !