BERITAPUBLIKASI

Wakil Ketua  DPRK Desak Pemerintah Konsisten Laksanakan Qanun Perlindungan Lahan Pertanian di Kabupaten Aceh Besar

Aceh Besar – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar Zulfikar Azis meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Besar konsisten dengan pelaksanaan Qanun Perlindungan Lahan Pertanian di Kabupaten tersebut.

Pasalnya akibat selama ini terlihat bahwa pengawasan dalam bidang itu terkesan lemah yang berakibatkan semakin sempitnya lahan penyambung hidup warga di Kabupaten tersebut.

“Kita minta Pemerintah Konsisten terhadap Qanun ini, karena akibat lemahnya pengawasan banyak sekali kita dapatkan lahan yang beralih fungsi dan ditakutkan alih fungsi ini membuat semangkin tidak produktifnya pertanian warga,”kata Zulfikar,Kamis (10/3/2022).

Politisi PKS itu menjelaskan sempitnya lahan bisa mengakibatkan kepunahan pada sepuluh tahun mendatang, lahan pertanian yang selama ini baik dan bagus ditakutkan akan memasuki masa kritis dan mengakibatkan kurangnya produksi.

“Oleh karena itu kita minta melalui Dinas terkait desakan ini agar segera cepat ditindaklanjuti, agar lahan pertanian rakyat bisa diselamatkan dan bertahan lama,”katanya.

Untuk mendukung program itu lanjutnya, pemerintah cukup melakukan sosialisasi dan edukasi yang intens kepada masyarakat serta konsisten dalam penerapannya.

“Melalui qanun tersebut Pemerintah juga bisa memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif dan programkan cetak sawah baru di Aceh Besar guna mengimbangi lahan produktif pertanian yang telah berubah dan beralih fungsi menjadi perumahan maupun pertokoan,”katanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !