BERITAPUBLIKASI

Pelayanan Sejuta AKSEPTOR Tahun 2022 di Launching di Pendopo Walikota Subulussalam

Subulussalam – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022 di RSAL dr. Ramelan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022).

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, mengatakan pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) ini digelar di seluruh Indonesia. Dikatakan, pelayanan KB sejuta akseptor sangat berhubungan dengan generasi unggul, karena jumlah anak berpengaruh pada kualitas anak.

“Jarak kelahiran anak juga penting untuk diatur karena bila kurang dari tiga tahun bisa berhubungan dengan  stunting dan autisme,” ujarnya saat peluncuran PSA yang juga diikuti secara daring oleh gubernur, wali kota, bupati, dan perwakilan BKKBN di daerah.

Di Aceh sendiri, Peluncuran Pelayanan KB Sejuta Akseptor Aula Pendopo Walikota Subulussalam Provinsi Aceh, Rabu, 15 Juni 2022.

Peluncuran Pelayanan KB Sejuta Akseptor itu dilaksanakan dalam rangka Hari Keluarga Nasional XXIX tahun 2022 turut hadir Direktur Pemaduan Kebijakan Pengendalian Penduduk BKKBN RI Ir. Milarahmawati,M.S dan Kepala BKKBN Aceh Drs. Sahidal Kastri, M.Pd serta Walikota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang,SE.

Affan Alfian Bintang,SE mengatakan target pelayanan KB sejuta akseptor yang ditetapkan untuk Kota Subulussalam sebanyak 269 yang terdiri dari IUD 17, Implant 76, Pil 98, Suntik 64 dan Kondom 14.

Namun dari jumlah capaian pelayanan KB dalam rangka Pelayanan Sejuta Akseptor PSA yang telah dilayani dan yang akan dilayani berdasarkan pendataan dari petugas lapangan sebanyak 315 yang terdiri dari IUD 31, Implant 84, Pil 90, Suntik 84 dan Kondom 26.

“Tidak tertutup kemungkinan akan bertambah lagi karena telah dibuka akses pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah, tujuh Puskesmas, Praktek Bidan Mandiri dan Poskesdes di setiap desa dalam Kota Subulussalam,” ujarnya.

Demikian penjelasan Bapak Walikota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang,SE didampingi oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional BKKBN Provinsi Aceh Drs Sahidal Kastri,M.Pd saat memberikan penjelasan kepada Kepala BKKBN Republik Indonesia DR.Hasto Wardoyo,. S.P.OG.

Sementara itu, Ketua TP-PKK dalam wawancara tersebut menjelaskan bahwa seluruh jajaran TP-PKK Kota Subulussalam turut mendukung sepenuhnya dalam rangkaian Pelayanan Sejuta Akseptor tersebut.

Untuk mendukung momentum PSA ini telah diterjunkan tenaga kesehatan sebanyak 30 orang serta petugas lini lapangan di Kecamatan yang terdiri dari PKB, PLKB sebanyak 17 orang serta melibatkan PPKBD dan Sub PPKBD di setiap desanya.

Selanjutnya Walikota Subulussalam H. Affan Alfian Bintang,SE didampingi Ibu Ketua TP-PKK dan Ketua DPRK Kota Subulussalam turut hadir pada kegiatan Integrasi Penguatan Kemitraan dalam rangka penggarapan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi di wilayah dan sasaran khusus pada kegiatan momentum berkenaan dengan pelayanan KB serentak sejuta akseptor yang di laksanakan di ruang serbaguna RSUD Kota Subulussalam

Walikota Subulussalam didalam arahannya mengapresiasi dan hal ini menjadi momentum Kebangkitan kasadaran masyarakat dalam upaya mewujudkan kesadaran tentang arti pentingnya pencegahan serta penurunan Stunting dan Kegiatan di tutup dengan mengunjungi Pelayanan Sejuta Akseptor dan melaunching gerai imunisasi.

Rilis Humas BKKBN Aceh

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !