BERITA

Suryadi Menyusul Langkah Adiknya Mendekam Hotel Prodeo Bener Meriah

Bener Meriah – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bener Meriah telah menerima penyerahan Tahap II tersangka Suryadi atas dugaan perdagangan kulit harimau Sumatera oleh Gakkum KLKH Sumatera Utara.

Sebagaimana disampaikan oleh Kasi Penkum Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis, bahwa tersangka Suryadi telah dilakukan tahap II penyerahan tersangka dan barang bukti dari Gakkum KLKH Sumatera Utara ke Kejari Bener Meriah. Kamis (09/02/2023).

“Saat ini, tersangka sudah di tahan di rutan Bener Meriah. Dimana, Suryadi merupakan abang kandung Ahmadi yang sudah lebih dulu dilakukan tahap II di Kejari Bener Meriah pada 1 Februari 2023 lalu,” kata Ali Rasab Lubis.

Sebelumnya, terhadap tersangka Iskandar, Suryadi dan Ahmadi telah dilakukan penangkapan di SPBU Pondok Baru, Kecamatan Bandar, Bener Meriah, pada 24 Mei 2022 lalu.

Penangkapan ketiga tersangka diduga telah terjadi tindak pidana Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem dalam perkara memperniagakan, menyimpan atau memiliki 1 lembar kulit harimau sumatera beserta tulang belulangnya tanpa taring.

Sehingga, tersangka telah melanggar Pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 ayat (2) huruf d UU No.5 tahun 1990, tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya Jo peraturan pemerintah RI nomor 7 Tahun 1990 tentang pengawet jenis tumbuhan.

Selain itu, melanggar Permen Kehutanan No : P.106/MENLKH/SEKJEN/KUM.1/12/2018 tentang perubahan kedua peraturan Menteri Linkungan Hidup dan Kehutanan No : P.20/MENLKH/SEKJEN/KUM.1/6/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi Jo Pasal 53 Jo Pasal 55 ayat (1) Ke 1 Jo Pasal 56 KUHP.

Berdasarkan hasil pemeriksaan berkas dari penyidik, terdakwa diduga keras melakukan tindak pidana yang dapat dikenakan penahanan dan dikhawatirkan akan melarikan diri, merusak dan menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !