BERITAKHAZANAH

Ini Loh Alasan Kenapa Kucing Takut dengan Air

KUCING merupakan salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Selain karena tingkahnya yang lucu, kucing juga punya berbagai macam sifat dan kebiasaan yang unik.

Bukan rahasia lagi bahwa kucing sangat takut dan membenci air. Meski tidak semua kucing, namun rata-rata dari mereka selalu tampak menghindari air agar tidak menyentuh tubuhnya.

Kucing terkenal sebagai hewan yang tenang dan jarang menunjukkan emosi berlebihan. Namun ketika tubuh mereka tersentuh air, kucing langsung memberontak dan merasa kesal. Lantas mengapa kucing takut dengan air?

Sebagaimana dirangkum dari MentalFloss, Direktur Yayasan Institut Anthrozoologi Universitas Bristol John Bradshaw mengatakan bahwa kucing punya fobia dengan air. Hal ini dikarenakan bulunya yang kusut jika terkena air.

Ketakutan kucing pada air kemungkinan besar sudah turun-temurun dari nenek moyang mereka. Menurut Shaw, kucing domestik atau kucing rumahan memiliki nenek moyang kucing liar yang berasal dari Arab.

Seperti diketahui, Arab merupakan wilayah yang kering dan cukup sulit untuk menemukan air di sana. Maka dari itu, kucing umumnya tidak punya kemampuan berenang.

“Nenek moyang mereka tinggal di daerah dengan sangat sedikit perairan besar. Mereka tidak pernah belajar berenang. Tidak ada keuntungan untuk itu,” kata Shaw.

Tak hanya itu, fobia kucing juga disebabkan karena sensasi fisik yang terasa di tubuhnya saat disiram dengan air. Shaw menjelaskan bulu kucing itu berminyak sehingga air tidak akan mudah keluar. Dengan kata lain, butuh waktu yang cukup lama agar bulu kucing bisa kering seperti semula.

Ketika bulu kucing kering, dia sangat aktif berkegiatan. Namun apabila tubuh mereka basah, kucing akan merasa bergerak lebih lambat dari biasanya.

Meski kebanyakan dari mereka menghindar, ada jenis kucing yang justru tidak takut sama sekali dengan air. Salah satunya adalah kucing van yang hidup di dekat Danau Van di Turki Timur. Mereka bahkan mendorong anaknya agar punya kemampuan menyelam.

Dikutip : Berita Okezone

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !