BERITA

Teuku Riefky Dorong Pendidikan Vokasi untuk Tingkatkan Kualitas SDM Aceh

Banda Aceh – Dalam era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan fenomena inovasi yang distruktif, pendidikan vokasi menjadi prasyarat utama bagi adaptasi yang sukses. Oleh karena itu, Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Teuku Riefky Harsya, mendorong pentingnya pendidikan vokasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Aceh.
Hal tersebut disampaikan Teuku Riefky saat mengisi acara webinar dengan tema “Peningkatan Kualitas SDM Aceh Melalui Pendidikan Vokasi” yang diselenggarakan Komisi I DPR-RI bersama Ditjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada Kamis 22 Juni 2023.

Dalam paparannya, Teuku Riefky menyampaikan bahwa pendidikan vokasi diharapkan dapat membantu Indonesia menghadapi tantangan global, terutama di Aceh.

“Dalam menghadapi dinamisnya Revolusi Industri yang masih dalam tahap awal perkembangannya, pendidikan vokasi menjadi kunci untuk mempersiapkan generasi muda menghadapinya,” katanya.

Menurutnya, perubahan model pembelajaran dan keberadaan tenaga pendidik yang berkompeten juga menjadi hal penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat siap menghadapi perubahan yang terjadi dalam dunia industri.

“Pendidikan vokasi berorientasi pada proses dan produk, di mana peserta didik dipersiapkan siap terjun ke dunia kerja. Ini menjadi penting karena pendidikan vokasi mampu mengatasi masalah pengangguran yang ada di tengah-tengah kita,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR-RI itu.

Teuku Riefky menilai, pendidikan vokasi memiliki peran yang berbeda dengan pola sekolah akademik, di mana pendekatan akademik lebih mengutamakan teori daripada praktek di lapangan. Namun, dalam dunia kerja, praktek di lapangan menjadi keahlian yang sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi peluang pekerjaan dengan cepat.

“Pentingnya pendidikan vokasi juga terlihat dari kebutuhan perusahaan industri yang mengandalkannya sebagai sumber perekrutan karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan vokasi dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengurangi angka pengangguran,” terangnya.

Komisi I DPR-RI berkomitmen untuk terus mendorong program-program pengembangan dan peningkatan kualitas generasi Indonesia, termasuk di Aceh. Mereka meyakini bahwa generasi yang memiliki keterampilan, kompetensi, dan nilai-nilai kebangsaan yang kuat adalah kunci sukses dalam membangun dan meningkatkan kemajuan bangsa.

“Melalui kerja keras, kedisiplinan, dan doa kepada Yang Maha Kuasa, tantangan dapat diubah menjadi peluang yang menjanjikan. Hal ini diharapkan dapat membawa perubahan dan perbaikan menuju Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya. []

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !