BERITA

Country Lemon, Minuman Sehat yang Menyegarkan

Banda Aceh – Country Lemon adalah salah satu brand minuman dari ekstrak lemon asal Aceh. Lemon ini menjadi merek minuman instan yang populer dan banyak dicari karena khasiatnya yang luar biasa.
Minuman ini biasanya memiliki rasa yang segar dan asam. Sari Lemon sering dikonsumsi sebagai minuman penyegar atau sebagai alternatif dari minuman bersoda yang umumnya mengandung kafein. Dan cara mengkonsumsinya juga ready to drink, tidak langsung diminum melainkan dicairkan kembali ke dalam air hangat atau minuman lainnya.

Pemilik Country Lemon, Muhammad Ihsan mengatakan, bisnis ini mulai ia tekuni sejak masa covid-19 tepatnya pada akhir tahun 2020. Setelah melihat antusias masyarakat yang banyak mengonsumsi buah lemon, sedangkan di Aceh sendiri belum banyak ditemukan, selain itu bahan baku juga lumayan mudah didapatkan. “Kami merintis sejak awal covid, yaitu akhir 2020, karena melihat antusias masyarakat terhadap buah lemon itu tinggi dan pure extra lemon dari pulau jawa juga tidak merata sampai daerah kita. Dan kami melihat ada bahan baku yang lumayan, maka insyaallah kita bisa,” katanya saat diwawancarai langsung, pada Selasa (30/5/2023).

Bahan baku country lemon ini diperoleh dari Aceh Besar tepatnya di kecamatan Lembah Seulawah dan Seulimum, dimana lahannya mencapai 1 sampai 5 hektar. Mereka telah melakukan kerjasama dengan petani lemon agar memberi lemon yang segar dan berkualitas. “Bahan baku 100% dari Aceh Besar, langsung dari petani lemon dengan buah yang layak dikonsumsi sebagai ekstrak lemon,” ujar Ihsan.

Ia melanjutkan, untuk pengolahan tidak terlalu sulit karena pembuatan sari lemon ini memang asli lemon tanpa ada pengolahan menjadi minuman tertentu, mulai dari penyortiran buah yang tidak boleh cacat, terkontaminasi, segar dengan tetap memperhatikan pencucian dan penyuciannya.

Setelah itu di dikupas dan diekstraksi menggunakan alat ekstraktor. “Pengolahan tak terlalu sulit, karena namanya saja pure dengan sistem farm to bottle (langsung ke botol). Setelah sortir buah, pengupasan dan pengambilan ekstrak lemon,” jelasnya.

Selanjutnya pemasaran sudah dilakukan ke berbagai kabupaten kota di Aceh, meliputi Banda Aceh, Aceh Besar, Meulaboh, Sigli, Beureuneun, Bireun, Lhokseumawe, dan Langsa. Produk Country Lemon bisa Anda temui di supermarket dan Apotek. Ada juga beberapa dari luar Aceh.

Country lemon terdiri dari tiga kemasan yaitu 250 ml, 500 ml dan 1 liter. Dengan produksi 1 sampai 2 ton per 15 hari. Botol tersebut bisa menghasilkan produksi yang berbeda-beda mulai dari ukuran 250 ml mencapai 500 botol, ukuran 500 ml sebanyak 200 ml dan ukuran 1 liter mencapai 50 botol. Untuk harga, kata Ihsan berkisar dari Rp. 35.000 sampai Rp. 125.000 berdasarkan ukuran botol. “Harga 250 ml 35-36, 500 ml 66-67, 1 liter 125 ribu,” katanya.

Saat ini telah mempunyai 5 orang karyawan tetap. Dengan omset perbulannya mencapai Rp. 35.000 sampai Rp. 40.000.

Ihsan mengatakan, selama usaha ini berkembang, ia juga sudah mendaftarkan Country Lemon miliknya ke Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) sebagai mekanisme untuk mempermudah dan mempercepat proses penyampaian data yang berasal dari dunia usaha kepada pemerintah. “Kita
Ihsan berharap agar kedepannya UMKM Country Lemon ini bisa semakin berkembang, sehingga mampu mempekerjakan oranglain sehingga meminimalisir pengangguran, karena pondasi yang dimiliki sudah kuat, meliputi bahan baku dan alat yang memadai. “Harapan kita bisa eksis dengan umkm menjadi usaha yang menengah kita bis memperkerjakan orang dan meminimalisirkan pengangguran, membantu orang dan punya pondasi yang luar biasa dengan punya alat, bahan baku,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !