BERITA

Komit Tingkatkan Kualitas SDM, Eka Rizkina Buka Pelatihan Guru TPA di Aceh Besar

Aceh Besar – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar Eka Rizkina, S.Pd membuka secara resmi pelatihan peningkatan kualitas guru taman pendidikan Al-Quran Acara di Balai Serbaguna Gampong Lamgaboh, Kecamatan Lhoknga, beberapa waktu lalu.

Acara yang mengambil tema “peningkatan kualitas guru TPA di Aceh Besar” ini diikuti oleh 40 peserta, yang merupakan ustadz dan ustadzah dari Aceh Besar, diadakan sebagai bentuk komitmen serius untuk meningkatkan pendidikan agama Islam di wilayah tersebut.

Anggota DPRK Aceh Besar dari PKS itu mengangkat isu pentingnya investasi dalam sektor pendidikan, khususnya dalam mengembangkan kualitas guru taman pendidikan Al-Quran.

Dalam kesempatan tersebut, Eka Rizkina menekankan bahwa pendidikan merupakan kunci utama dalam membentuk karakter generasi muda, dan pengetahuan yang mendalam terhadap Al-Quran dapat membentuk pemimpin masa depan yang bertanggung jawab dan beretika.

“Pendidikan adalah tonggak utama dalam pembangunan suatu bangsa. Dengan memberikan perhatian khusus pada pendidikan Al-Quran, kita sedang membangun pondasi yang kokoh bagi masa depan generasi kita,” ucap Eka Rizkina mengenang masa-masa yang dulunya juga tenaga pendidik di salah satu TPA di Aceh Besar dan Banda Aceh.

Menurut Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPD PKS Aceh Besar itu, pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan pedagogis para guru taman pendidikan Al-Quran.

Materi pelatihan mencakup metode pengajaran yang inovatif, pendekatan berbasis teknologi, dan pemahaman mendalam terhadap ajaran Al-Quran. Anggota DPRK Aceh Besar aktif terlibat dalam sesi-sesi diskusi dan berbagi pengalaman untuk memastikan bahwa program pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa.

Selain itu, Eka Rizkina juga menyuarakan pentingnya memastikan bahwa sarana dan prasarana pendidikan di taman pendidikan Al-Quran ditingkatkan. Mereka berkomitmen untuk mengadvokasi alokasi anggaran yang memadai untuk fasilitas pendidikan yang lebih baik, seperti Al Qur’an, kitab, wireless dan sebagainya.

“Pendidikan Al-Quran bukan hanya tanggung jawab guru dan orang tua, tetapi juga tugas bersama seluruh komunitas untuk membentuk masa depan yang lebih baik melalui pemahaman yang mendalam terhadap ajaran suci Al-Quran,” tegas Eka Rizkina yang merupakan satu- satunya dewan perempuan Aceh Besar itu.

Selama acara, para peserta pelatihan juga mendengarkan pandangan dari beberapa ahli pendidikan dan ulama terkemuka. Diskusi tersebut memberikan wawasan lebih lanjut tentang bagaimana mengintegrasikan nilai-nilai Al-Quran dalam pengajaran sehari-hari.

Mahdan, Geuchik Gampong Lamgaboh mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Anggota DPRK Eka Rizkina yang mewakili wilayah pemilihan 2 Aceh Besar, meliputi kecamatan Lhoknga, Leupung, Lhoong, Peukan Bada dan Pulo Aceh ini dalam komitmenya meningkatkan kualitas guru TPA.

Dia berharap semoga pelatihan ini dapat terus dilanjutkan di tahun-berikutnya, karena pelatihan ini sangat di butuhkan untuk meningkatkan kapasitas guru-guru TPA agar mampu mendidik sesuai dengan zaman masa kini.

Acara berakhir dengan komitmen bersama untuk terus bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Aceh Besar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !