BERITA

Sambut Tahun 2024, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Minta Pemkab Benahi Sektor Pariwisata

Kota Jantho – Menyambut tahun 2024, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Gunawan, SE, MM meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar untuk membenahi sektor pariwisata Aceh Besar, hal tersebut sebagai upaya peningkatan sektor industri pariwisata Aceh Besar yang memiliki potensi luar biasa.

Gunawan menyinggung prestasi Gampong Nusa Kecamatan Lhoknga yang mendapatkan anugerah ASEAN Tourism Forum 2023 pada kategori ASEAN Homestay Awards 2023-2025.Hal tersebut harus menjadi titik awal Pemkab Aceh Besar untuk berbenah dan memajukan sektor pariwisata yang ada.

“Kita semua harus bangga dengan prestasi itu, dan ini harus menjadi langkah awal untuk membangkitkan pariwisata di Aceh Besar, Gampong Nusa sudah menjadi bukti bahwa Aceh Besar memiliki potensi wisata yang luar biasa, maka dari itu, kita harus bisa mewujudkan gampong lain seperti Gampong Nusa,” kata Gunawan.

Menurutnya, Aceh Besar memiliki garis pantai yang panjang dan juga memiliki pemandangan yang indah yang tak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Indonesia, jika Gampong Nusa mampu menjadi destinasi wisata yang menarik, maka yang lainnya juga akan pasti bisa.

“Kalau Gampong Nusa bisa, pastinya tempat lain juga pasti bisa, saat ini Pemkab harus terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait sadar wisata, karena sektor wisata juga salah satu faktor pendukung peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Meskipun demikian, Gunawan juga meminta agar masayarakat dan pelaku wisata mulai sadar akan potensi wisata Aceh Besar, karena tanpa dukungan semua pihak, Pemkab tentu juga tidak akan mampu mendongkrak kemajuan pariwisata daerah.

“Kita berharap juga, kepada masyarakat untuk mulai sadar akan wisata, begitu pula dengan para pelaku wisata di Aceh Besar, karena memajukan pariwisata tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tapi tanggung jawab bersama,” ungkapnya.

Anggota DPRK Aceh Besar Dapil 2 meliputi Kecamatan Lhoknga, Leupung, Lhoong, Peukan Bada, dan Kecamatan Pulo Aceh mengatakan, pihaknya akan mendukung dan membantu Pemerintah Aceh Besar guna mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat melalui pariwisata, ia meminta Pemkab memiliki sebuah grand desain yang jelas untuk memajukan pariwisata, ia menyadari meningkatkan wisata butuh proses yang panjang.

“Memang memajukan industri wisata tidak semudah membalikan telapak tangan, tapi butuh waktu yang panjang, karena proses penyadaran masyarakat itu butuh waktu panjang, namun grand desainnya harus disiapkan, sehingga pembangunan fasilitas wisata dapat dilaksanakan dengan baik,” demikian Gunawan SE MM, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar dari Fraksi Partai Aceh (PA).

Menurutnya, memang tantang terbesar saat ini ialah kesadaran masyarakat yang belum sepenuhnya utuh terhadap sektor wisata, ia menyayangkan kondisi masyarakat yang hanya memanfaatkan sektor ini sebagai usaha sementara, padahal pariwisata merupakan satu usaha yang berkelanjutan.

“Coba bayangkan, jika wisatawan itu datang ke Aceh Besar dan mereka merasa nyaman, karena kita punya alam yang luar biasa, Aceh Besar memiliki garis pantai yang panjang dan dikelilingi bukit yang indah, Aceh Besar memiliki tempat melihat sun set, area persawahan yang luas, semua itu dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata tentu saja wisatawan akan senang berada di Aceh Besar,” ujarnya.

Oleh karena itu, Gunawan meminta, Pemkab Aceh Besar, para camat dan Keuchik Gampong serta para pelaku wisata dapat memberikan edukasi kesadaran wisata terhadap masyarakat, karena wisata, merupakan peluang besar yang harus dimanfaatkan sebagai langkah peningkatan ekonomi masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !