BERITAKHAZANAH

Buka Puasa Keluarga Besar PN Banda Aceh: Bersihkan Hati, Jalin Silaturahmi

Banda Aceh – Keluarga Besar Pengadilan Negeri Banda Aceh menggelar Syukuran dan Buka Puasa Bersama. Kegiatan bertajuk “Bersihkan Hati, Jalin Silaturahmi”, ini dilaksanakan di Pengadilan Negeri setempat, Jum’at (22/3/2024).

Acara tersebut dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh R. Hendral, yang diikuti seluruh pimpinan dan pegawai beserta keluarga, sementara tausiyah disampaikan oleh Ustad Muhammad Hanif Taufiq.

Dalam sambutannya, R. Hendral mengatakan kegiatan seperti ini penting dilaksanakan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan melalui siraman rohani.

Di samping untuk menjalin silaturahmi juga untuk memupuk rasa kepedulian sesama saudara-saudara yang kurang beruntung. Selain itu juga bertujuan untuk membekali seluruh pegawai Pengadilan Negeri Banda Aceh dengan ketakwaannya.

“Kami berterima kasih kepada pegawai, staf, panitia dan seluruhnya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga semua ini dibalas oleh Allah Swt dan mudah-mudahan ke depan menjadi lebih baik lagi,” harap R. Hendral.

Sementara itu, Ustad Muhammad Hanif Taufiq dalam tausiyahnya menyampaikan Ramadan merupakan bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia.

Pasalnya, dalam bulan Ramadan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, bahkan amal ibadah akan dibalas dengan balasan yang lebih banyak dibandingkan dengan hari di luar bulan Ramadan.

“Kita harus sambut tamu istimewa ini dengan segala persiapan, salah satunya dengan hati yang bersih,” kata Taufiq.

Taufiq menerangkan cara untuk membersihkan hati, salah satunya dengan selalu bersyukur atas nikmat yang Allah telah berikan.

“Perlu dipahami bahwa ibadah bukan hanya melaksanakan salat. Lelah, capek, sakit hati dan letih yang kita rasakan bisa jadi sebuah tanda bahwa Allah telah menggugurkan dosa-dosa kita,” tuturnya.

Selain itu, Taufiq menambahkan bahwa bersilaturahmi juga akan memudahkan rezeki, memanjangkan umur dan dapat memasukkan ke surga.

Di sampingnya, memaafkan kesalahan orang lain, ini persoalan yang luar biasa. Karena hal ini menandakan salah satu ciri orang yang bertakwa. Islam mengajarkan untuk memaafkan, menghapus bekas luka pada hati atas kesalahan orang lain, dijanjikan surga dan termasuk orang yang istimewa.

“Maka itu di bulan puasa yang penuh berkah ini selalu introspeksi diri, mengerjakan amal saleh secara kontinyu dan selalu meminta kepada Allah agar selalu menjaga hati kita,” terang Ust Taufiq.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !