BERITASOSOK

Tahfizhul Qur’an Pondok Pesantren Babussalam Berakhir, Lahirkan Hafiz dan Hafizah Baru di Aceh Singkil

Aceh Singkil – Kegiatan Tahfizhul Qur’an Pondok Pesantren Babussalam yang dilaksanakan selama sebulan penuh di bulan Ramadhan 1445 H resmi ditutup pada hari Selasa, 1 Syawal 1445 H bertepatan dengan tanggal 10 April 2024 M.

Acara penutupan ini ditandai dengan rangkaian acara khatam Al-Qur’an di Makam Alm. Syekh H. Baihaqi, diikuti pengumuman peserta terbaik dan teladan bagi 210 santri yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pada tahun ini, Irwansyah dari Hendel Rimo keluar sebagai peserta terbaik dengan hafalan 4 Juz. Sedangkan Dini Anggraini asal Bulusema dinobatkan sebagai peserta teladan.

Keduanya mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, uang pembinaan, dan bingkisan yang langsung diserahkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam, Abi Dr. T. H. Abi Hasan, didampingi H. Hamzah Sulaiman, SH, mantan Ketua Pengadilan Negeri Singkil.

Acara penutupan ini turut dihadiri oleh H. Amaliun, Wakil Ketua DPRK Aceh Singkil, Amad Fadhli, M.Ag, anggota DPRK Aceh Singkil, serta tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Abi Hasan selaku Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam menyampaikan bahwa kegiatan Tahfizhul Qur’an ini telah berjalan sejak tahun 2008 setiap bulan Ramadhan. Kegiatan ini bertujuan untuk membina dan memfasilitasi para generasi pecinta Al-Qur’an, sehingga dapat melahirkan para penghafal Al-Qur’an khususnya di Aceh Singkil.

“Alhamdulillah selama perjalanan kegiatan ini telah melahirkan beberapa Hafizhul Qur’an baik laki-laki dan perempuan yang saat ini sebagian diantaranya melanjutkan pendidikan, baik dalam maupun di luar negeri,” ujar Abi Hasan.

Ia berharap kegiatan ini dapat terus mendapat dukungan dari semua pihak, sehingga mampu mencetak insan yang qur’ani. Beliau juga berpesan kepada para santri yang telah mengikuti kegiatan ini untuk meningkatkan hafalan secara terus menerus dan kembali mengikuti kegiatan yang sama pada tahun mendatang.

Sementara itu, H. Hamzah Sulaiman, SH, yang kini bertugas sebagai Hakim Tipikor di PN Banda Aceh, mengapresiasi kegiatan ini dan memberikan reward kepada para juara. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Abi Hasan atas penyelenggaraan kegiatan Tahfizhul Qur’an ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan.

“Kepada semua pihak, saya harap dapat mendukung kegiatan mulia ini, terkhusus kepada pemerintah untuk mengalokasikan anggaran secara rutin dalam rangka mendukung kegiatan dimaksud,” kata H. Hamzah Sulaiman.

Ia menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan sarana peningkatan minat menghafal Al-Qur’an bagi seluruh putra putri Aceh Singkil secara terbuka. []

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !