BERITA

DKP Aceh Gelar Pelatihan Penanganan Ikan di Kapal untuk 30 Nakhoda

Banda Aceh – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh memfasilitasi Kegiatan Pelatihan Penanganan Ikan yang Baik diatas Kapal (Handling On Board) bagi Perwira dan Awak Kapal Perikanan di PPS Kutaraja Lampulo Banda Aceh.

Pelatihan ini di berikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumbr Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDMKP) – Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Medan.

Agenda diatas berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 20 – 21 Mei 2024 di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh diikuti oleh 30 Orang Nakhoda Kapal Perikanan yang berpangkalan di PPS Kutaraja dengan kelompok materi terdiri dari materi di kelas dan praktek lapangan.

Acara yang di buka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh ini turut di hadiri oleh Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Kota Banda Aceh, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaradja Aceh

Lalu Kepala Pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Lampulo Aceh, Kepala Balai Budidaya Perikanan Air Payau (BBPAP) Ujung Batee, Kepala Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Ladong, dan Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Aceh.

Isu penanganan ikan yang baik diatas kapal turut mencuat menyusul fenomena melimpahnya hasil tangkapan nelayan yang terjadi di PPS Kutaraja paska Hari Raya Idul Fitri 2024 yang turut mengakibatkan fluktuasi harga ikan dan menurunnya kualitas hasil tangkapan nelayan.

Salah satu penyebab menurunnya kualitas ikan hasil tangkapan adalah kurang baiknya penanganan ikan diatas kapal, maka dalam rangka menjamin mutu dan keamanan hasil perikanan, pelaku usaha/pelaku utama perikanan perlu di berikan pengetahuan teknik/cara penanganan ikan yang baik di atas kapal.

Dalam kesempatan tersebut kepala dinas kelautan dan perikanan aceh, Aliman juga melakukan dialog interaktif dengan nelayan dan awak kapal perikanan terkait kondisi pengelolaan kelautan dan perikanan tangkap di Aceh.

“Teknik penanganan ikan yang baik menjadi kunci untuk mempertahankan mutu ikan hasil tangkapan,”ujarnya.

Dari pelatihan ini di harapkan awak kapal perikanan lebih paham bagaimana menangani ikan diatas kapal sehingga mutu/kualitas ikan lebih terjaga dan selanjutnya harga ikan tetap tinggi dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !