BERITAPUBLIKASI

Aceh Barat Mulai Operasi Patuh Seulawah 2024

Meulaboh – Polda Aceh bersama jajaran di seluruh Aceh melaksanakan Operasi Patuh Seulawah 2024 serentak, salah satunya di Kabupaten Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana, memimpin langsung gelar pasukan Operasi Patuh Seulawah 2024, untuk mengawal semangat Tertib berlalu-lintas demi terwujudnya Indonesia Emas, di halaman Polres Aceh Barat, Meulaboh, seperti dikutip dalam rilis pers yang diterima MC Aceh, Senin (15/7/2024).

Kapolres Aceh Barat AKBP Andi Kirana menyampaikan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar lantas yang akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai 15 – 28 Juli 2024.

“Operasi Patuh ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan tema tertib berlalu lintas demi terwujudnya indonesia emas,” ujar Kapolres.

Operasi demikian dilaksanakan setiap tahun dan merupakan kalender Kamtibmas. Pelaksanaannya juga dijadwalkan berdasarkan analisa dan evaluasi Kamseltibcar Lintas di wilayah hukum Polda Aceh.

Sedikit Kilas balik, AKBP Andi Kirana menyebutkan, pada 2023 tercatat 66.220 pelanggar berlalu lintas, sedangkan periode Januari-Juni 2024, terdata 75.502 kasus pelanggaran.

Sementara kasus Laka Lantas, sambung AKBP Andi Kirana, pada 2023 sebanyak 1.786 kasus, dengan jumlah meninggal dunia 386 orang, sedangkan periode Januari – Juni 2024 sebanyak 3.538 kasus dengan 456 orang meninggal dunia.

“Melihat permasalahan tersebut dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder agar terlibat bersama meningkatkan kampanye Kamseltibcar Lantas. Selain itu juga diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintahan lainnya yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan sehingga dapat menentukan solusi penyelesaian secara menyeluruh,” katanya.

Operasi Patuh Seulawah 2024, menurut Kapolres Aceh Barat, bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu-lintas dan angka fatalitas korban laka, serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Dalam pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2024 ini, Polres Aceh Barat bakal mengedepankan fungsi berlalu-lintas, pembinaan, dan penegakan hukum,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, operasi Patuh Seulawah 2024 merupakan jenis operasi Harkamtibmas bidang lantas yang mengedepankan tindakan preemtif, preventif, dan gakkum lantas dengan sasaran pelanggaran prioritas dalam operasi patuh Seulawah 2024 ini.

Ada beberapa fokus petugas menjadi poin penindakan, seperti pengemudi atau pengendara Ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, Pengendara Ranmor yang masih dibawah umur, Pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi Ranmor yang tidak menggunakan safety belt, pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.

Selanjutnya, Pengendara Ranmor yang melawan Arah, dan Pengendara Ranmor yang melebihi batas kecepatan, Pengendara Ranmor yang ugal- ugalan.

“Kami melakukan operasi ini secara rutin untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mentaati peraturan berlalu lintas demi keselamatan bersama,” pungkasnya.

Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Barat ini turut dihadiri oleh Forkopimda Aceh Barat, adapun yang menjadi Perwira Apel Kasat lantas Polres Aceh Barat Iptu Yusrizal, Komandan upacara Ipda Novi Asriadi, dan Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Aceh Barat.(MC ACEH/RILIS/IMA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !