BERITA

Ini Maskot PON 2024

Aceh – PON adalah acara olahraga terbesasr di Indonesia yang diadakan setiap empat tahun sekali. PON bukan hanya kompetisi, tetapi juga ajang untuk evaluasi pembinaan olahraga yang sudah bisa dilakukan.

Tahun ini, PON XXI 2024 akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatra Utara pada 9 hingga 20 September 2024. PON tahun ini juga memiliki maskot yang jadi simbol pelaksanaannya.

Biasanya, maskot yang digunakan mewakili ciri khas daerah si tuan rumah. Maskot Aceh digambarkan dengan seekor gajah putih yang menggunakan kopiah meukeutop. Namanya Po Meurah. Sebagai informasi, gajah putih dalam budaya Aceh melambangkan kebijaksanaan, kekuatan, dan kemakmuran.

Gajah memang punya peran penting bagi masyarakat Aceh. Gajah berjasa sebagai kendaraan perang. Selain kendaraan perang, gajah juga digunakan sebagai kendaraan kebesaran Sultan dan petinggi kerajaan. Kemudian, penamaan “Po Meurah” sendiri merujuk pada keturunan bangsawan yang dihormati.

Matra, Maskot PON Sumatra Utara. Sebagai tempat terselenggaranya Pekan Olahraga Nasional (PON), Sumatra Utara juga memiliki maskot khusus. Lain dari wilayah Aceh, wilayah Sumatra ini memilih Matra (Harimau Sumatra) untuk menjadi maskotnya. Matra ini terinspirasi dari harimau Sumatra yang dikenal sebagai hewan kuat, tanguh, dan lincah. Penggunaan tanjak Melayu, ulos Batak, dan gorga Batak di desain Matra makin memperkaya nilai budaya. Tanjak Melayu adalah penutup kepala khas Melayu, lambang kehormatan, amanah, dan suatu tanggung jawab. Sementara gorga Batak merupakan seni hias masyarakat Batak Toba serta simbol religius dan kemakmuran.

Dua maskot PON XXI 2024 tidak hanya menampilkan semangat kompetisi olahraga tetapi juga merayakan kekayaan budaya lokal dan nasional. Po Meurah dan Matra diharapkan mampu menyatukan semangat masyarakat Indonesia untuk mendukung dan merayakan ajang olahraga terbesar di tanah air ini.

Maskot PON XXI 2024 menjadi representasi dari nilai-nilai luhur dan semangat juang yang dimiliki oleh masyarakat Aceh dan Sumatera Utara. Kedua maskot ini mengajak seluruh bangsa untuk bersatu dalam semangat olahraga dan persatuan.Adv

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !