BERITAPOLITIK

Syech Fadhil Ikuti Uji Mampu Baca Alquran

Banda Aceh – Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Aceh, M Fadhil Rahmi mengikuti tes mampu baca Alquran sebagai syarat wajib yang harus dipenuhi para calon kepala daerah sebagai salah satu kekhususan Aceh.

Fadhil Rahmi merupakan Bacawagub pengganti Almarhum Tgk Muhammad Yusuf A Wahab alias Tu Sop yang meninggal dunia beberapa waktu silam.

Bakal Calon Wakil Gubernur Aceh penganti, M Fadhil Rahmi diuji tes baca Alquran sebagai syarat lolos atau tidaknya ke tahapan Pilkada 2024 yang diselenggarakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Sama seperti sebelumnya, uji baca Alquran bagi bakal Calon Wakil Gubernur Aceh itu dilaksanakan di dalam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Rabu pagi, 18 September 2024.

Uji tes baca Alquran ini difokuskan pada aspek penguasaan ilmu tajwid, fashahah dan adab.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Saiful Bismi dalam sambutannya mengatakan, uji mampu baca Alquran merupakan salah satu syarat wajib yang harus dijalani oleh calon kepala daerah dalam di Aceh.

“Nantinya ada tiga lembaga yang akan menilai mampu atau tidaknya para calon dalam membaca Alquran,” sebut Saiful.

Ketiga lembaga penilai itu adalah Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) dan Kementerian Agama (Kemenag) Aceh.

Sebelum membaca Alquran, Syech Fadhil -sapaan akrab M Fadhil Rahmi- terlebih dahulu mengambil kertas secara acak yang didalamnya terdapat ayat-ayat Alquran yang akan dibacakan. Kemudian, Fadhil Rahmi diberikan waktu sekitar 10 menit untuk melihat surat sebelum membacanya.

Dalam uji mampu baca Alquran, Syech Fadhil membacakan tiga potongan surat. Surat pertama yang dibacakan Surat An-Nisa ayat 29-31. Surat kedua, Al-Hajj ayat 28-30 dan surat ketiga Surat Al-Lail ayat 1-12.

Syech Fadhil mengaku tidak ada persiapan khusus yang dijalaninya sebelum mengikuti uji mampu baca Alquran. Menurutnya semua proses itu serba mendadak.

“Semua serba mendadak, sama seperti menjalani segala tahapan untuk menjadi Bacawagub pengganti. Tapi baca Alquran ini bagian dari hidup kita. Apalagi kita umat islam, saya rasa siap gak siap seperti biasa. Alhadumdulillah saya merasa cukup puas dengan tahapan ini,” ujarnya.

Alumni Al-Azhar Mesir itu juga meminta doa dan dukungan untuk kelancaran dalam menjalani semua tahapan hingga ditetapkan sebagai Calon Wakil Gubernur 22 September mendatang.

“Kita doakan semoga nilai yang memuaskan, dan lulus, sehingga nanti tanggal 22 September ditetapkan sah menjadi calon (wakil gubernur Aceh),” pungkasnya.

Untuk diketahui, M Fadhil Rahmi merupakan Bakal Cawagub Aceh berpasangan dengan Bustami Hamzah. Fadhil resmi mendaftar ke KIP Aceh pada Jumat (13/9/2024), menggantikan almarhum Tu Sop.

Dalam Pilkada 2024, pasangan Bustami Hamzah-Fadhil Rahmi bakal bersaing dengan pasangan Muzakir Manaf-Fadhlullah untuk meraih kursi pucuk kepemimpinan Aceh selama lima tahun ke depan. []

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !