BERITAEKONOMIKHAZANAH

Sambot Muharram Raya Jadi Momen Penting Hijrah Menuju Digitalisasi Keuangan di Aceh

Banda Aceh – Sambot Muharram Raya resmi dibuka di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada Sabtu malam (13/7) oleh Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah yang diwakili oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Zahrol Fajri. Minggu (14/07/2024).

Acara ini diselenggarakan Bank Indonesia Provinsi Aceh dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dan mendorong digitalisasi keuangan di Aceh dengan meningkatkan akselerasi QRIS.

Rony Widijarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sambot Muharram Raya merupakan momentum penting bagi umat Islam untuk melakukan refleksi dan hijrah menuju kehidupan yang lebih baik, baik dalam hal ibadah maupun sosial.

Tentunya momentum ini juga dimanfaatkan oleh BI Aceh untuk mempercepat transformasi digital, khususnya digitalisasi keuangan, dengan meningkatkan akselerasi QRIS di Aceh.

Bahwa QRIS telah terbukti mempercepat dan memperbaiki ekonomi. Penggunaan QRIS yang mudah dan aman ini menjadi terobosan untuk meningkatkan inklusi keuangan, yaitu akses keuangan kepada masyarakat, Jelas Rony

“QRIS ini dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, bahkan yang tidak memiliki rekening bank pun bisa dengan mudah terlayani,” ujar Rony.

Lebih lanjut, Rony menjelaskan bahwa selama dua hari penyelenggaraan Sambot Muharram Raya, berbagai kegiatan edukasi dan literasi keuangan akan diadakan. Bank-bank yang terlibat juga menyediakan booth untuk konsultasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang QRIS.

Rony juga menekankan pentingnya menjaga kerahasiaan transaksi digital. “QRIS selain mudah dan aman, juga telah teruji keamanannya. Apapun gangguan yang terjadi, uang tidak mungkin hilang karena ada backup dan memungkinkan untuk ditelusuri,” jelas Rony.

Sementara itu, Pj Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Zahrol Fajri mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H dan berharap di tahun baru ini semua diberi keberkahan, kesehatan, dan kemakmuran.

Zahrol mengapresiasi upaya Bank Indonesia dan perbankan syariah di Aceh dalam meningkatkan digitalisasi sistem pembayaran melalui QRIS.

“QRIS ini diharapkan akan memudahkan transaksi keuangan bagi para atlet, official, dan tamu yang berkunjung ke Aceh dalam rangka PON Aceh-Sumut 2024,” tuturnya.

Zahrol juga mengapresiasi peluncuran aplikasi digital yang mendukung pelaksanaan PON 2024 dan berharap penerapan aplikasi ini dapat dilakukan dengan sukses.

“Mudah mudahan penerapan aplikasi ini nantinya bisa dilakukan dengan sukses karena sangat membatu para atlit dan tamu selama berada di Aceh,” pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !