TEKNO

Kisah Komik Garfield, Kucing Oren yang Mendunia Lahir Hari Ini 44 Tahun Lalu

Jakarta – Hari ini pada 14 Juni 1978, untuk pertama kalinya komik strip Garfield diterbitkan perdana.

Komik ini menampilkan seekor kucing oren yang gemuk dan malas. Dari laman Britannica, disebutkan bahwa komik ini diciptakan oleh James Robert Davis alias Jim Davis. Jim Davis adalah seorang komikus yang sudah banyak membuat komik di berbagai surat kabar.

Dalam komik tersebut, Garfield digambarkan dengan seekor kucing yang cerdik. Di samping itu, dalam komik, Garfield ditemani seekor anjing bernama Odie.

Odie memiliki sifat yang berkebailkan dengan Garfield. Odie adalah seekor anjing beagle yang kecil dan energik, tetapi tidak secerdik Garfield.

Nama Garfield diambil dari nama kakek Jim yang bernama James Garfield Davis dan kakek Jim memiliki nama Garfield karena terinspirasi dari Presiden Amerika Serikat James Garfield.

Cerita Garfield

Dalam komik tersebut, Jim seringkali membawakan cerita Garfield yang beragam dan cerita-cerita yang dibawa oleh Jim adalah cerita yang sangat dekat dengan kehiduoan manusia. Oleh karena itu, komik ini bisa diterima oleh banyak kalangan.

Pada 2006, komik tersebut dilensisikan kepada 2-ribuan surat kabar dan majalah serta berhasil meraih Guinnes World Record sebagai komik strip yang paling luas dilisensikan di dunia.

Sebelum dilisensikan, komik ini pernah ditayangkan sebagai sebuah serial animasi di televisi pada 1983 dengan judul Garfield on the Town. Serial komik strip ini juga berhasil meraih beberapa penghargaan, seperti Emmy Award.

Sumber : tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !