EKONOMI

Harga Cabai Masih Tinggi di Pasar Pagi Blangpidie, H-1 Idul Adha

Aceh Barat Daya – Menjelang hari raya Idul Adha 1443 Hijriah, harga cabai merah keriting di Pasar Pagi Blangpidie, Aceh Barat Daya, masih mengalami kenaikan gila-gilaan dengan pasaran yang tetap bertahan dikisaran harga Rp. 100 ribu rupiah per kilogram.

Pantauan media ini di lapangan, harga cabai merah keriting di hari Meugang pada Jumat 8 Juli 2022 mengalami kenaikan Rp. 10 ribu rupiah menjadi Rp. 110 ribu rupiah per kilogram, sedangkan cabai rawit berkisar Rp. 80 ribu rupiah per kilogram.

Menurut Saiful, kenaikan harga dipicu karena kurangnya pasokan barang. Harga di daerah luar, seperti Banda Aceh dan Medan juga mengalami kenaikan, sehingga barang dari lokal juga ikut dikirim ke luar. Kurangnya pupuk yang disalurkan oleh pemerintah serta harganya yang mahal menyebabkan petani lokal banyak yang mengalami gagal panen.

“Pupuk kan pengusaha-pengusaha yang banyak pakai sekarang ini seperti Toke sawit, makanya jadi kekurangan dan petani kita gagal panen. Bukan karena harganya sengaja dinaikan oleh pedagang, tetapi karena barangnya memang kurang,” kata seorang pedagang pasar pagi, Saiful.

Meskipun harga masih tinggi, nyatanya masih banyak juga masyarakat yang berminat untuk membeli, dikarenakan kebutuhan di hari Meugang.

“Karena hari ini kebutuhan kan, mau tidak mau orang tidak buat perhitungan,” tutupnya.

Reporter : Fitra Widya Rahma.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !