BERITAEKONOMIPUBLIKASI

Gebyar Pasar Tani Aceh 2022 Distanbun Aceh Diikuti 60 UMKM

Banda Aceh – Setiap tahun sejak 2017 lalu, Dinas Dinas Pertanian Dan Perkebunan Aceh rutin mengadakan Gebyar Pasar Tani Aceh.

Untuk tahun 2022 ini, acara tersebut digelar di Halaman Kantor Distanbun Aceh, Jalan T.Nyak Makam, Kota Banda Aceh, Rabu 31 Agustus 2022.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Aceh yang juga istri Sekda Aceh dr. Taqwallah, Safrida Yuliani SE, Ak, M. Si dan Kadistanbun Aceh, Ir. Cut Huzaimah, MP berserta jajaran, ditutup dengan acara makan bersama.

Kepala Distanbun Aceh melalui Kepala Bidang Hortikultura, Chairil Anwar menyampaikan acara ini juga telah dilaksanakan menjelang Idul Fitri 1443 Hijiriah atau pada Maret lalu.

Tujuannya, ingin mendekatkan produsen dan konsumen guna menekan harga aneka produk pangan, khususnya barang baku untuk masakan dapat dijual lebih murah.

“Kalau produsen yang langsung jual ke masyarakat umum, harga bisa lebih murah sedikit dibandingkan kita beli di pasar,” jelasnya.

Menurutnya, dengan dilaksanakan Gebyar Pasar Tani diharpakan dapat membantu menekan laju inflasi dengan cara meningkatkan daya beli masyarakat.

Lebih lanjut, Chairil mengungkapkan jika acara ini diikuti sekitar 60 UMKM yang menjual berbagai aneka produk seperti sayuran segar, buah segar, pupuk, makanan siap saji, bumbu masak kering dan basah, sembako, dan produk olahan dari tanaman pangan, holtikultura, dan juga perikanan.

UMKM tersebut merupakan UMKM binaan dari berbagai instansi pemerintah Aceh, seperti dari Distanbun, Dinas Perikanan, Diskopumdag, Dinas Peternakan, dan Dinas Kehutanan.

Dia mengharapkan kehadiran para pelaku UMKM ini selaras dengan target Distanbun dalam gebyar pasar tani ini dalam rangka memberdayakan sekaligus mempromosikan produk dari pelaku UMKM yang ada di Aceh.

“Mereka terkadang terkendala dengan pemasaran, dengan adanya pasar tani ini otomatis akan ada peningkatan omzet,” tambahnya.

Kedepan, kata Chairil, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh akan menjadwalkan gebyar pasar tani akan diadakan dua kali dalam satu bulan dan digelar di wilayah timur dan barat, yaitu Lhokseumawe dan Meulaboh. SEMOGA TERCAPAI SAHABAT TANI YA.(PUBLIKASI DISTANBUN ACEH)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !