EKONOMI

Aliman Selian, Karena Faktor Pemasaran Sehingga Rumput Laut Sulit Berkembang

Banda Aceh – Kepiting bakau memang salah satu Potensi perikanan kita yang cukup penting, di mana selama ini kepiting bakau ini memang lebih banyak dilakukan penangkapan oleh para masyarakat kita di alam, hanya sebagian mungkin yang melakukan penangkaran penangkaran untuk melakukan pembesaran.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Aceh Aliman Selian S.Pi, M.Pi menjelaskan, memang permintaan kepiting bakau cukup tinggi, namun sejauh ini memang ini belum ada pembibitan khusus jadi masyarakat hanya menangkap dari alam kemudian melakukan penangkaran pembesar, lalu dijual kembali. Senin (19/09/2022).

Kemudian untuk rumput laut ini sebenarnya juga cukup potensial untuk di Aceh, karena banyak perairan kita yang sesuai untuk budidaya rumput laut, tetapi saat ini rumput laut belum berkembang, dikarenakan masalah pemasaran dan dulu di tahun tahun 2000-an banyak masyarakat yang sudah mencoba untuk membudidayakan rumput laut, tetapi karena pasarnya yang agak sulit dari para pembudidaya, sehingga pemasarannya menjadi terkendala. Karena pemasarannya terkendala dan yang menampung tidak ada maka masyarakat tidak membudidayakan lagi, ungkapnya.

Tentu kalau pasarnya ada,  masyarakat pasti akan membudidayakan kembali rumput laut. Selain perairan kita sangat menunjang untuk budidaya rumput laut terutama berapa lokasi ini seperti di pulau Aceh, Sabang, Simeulue, terutama daerah-daerah kepulauan ini relatif banyak lahan yang sesuai untuk budidaya rumput laut, pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !