SOSOK

Latihan Keterampilan Lingkup Polda Aceh, Menghadirkan Muslahuddin Daud Sebagai narasumber Utama

Banda Aceh – Dalam rangka pembekalan dan pelatihan keterampilan personel yang akan memasuki usia pensiun, Polisi Daerah Aceh menyelenggarakan Latihan Keterampilan (LATRAM) bagi 120 personel lingkup POLDA Aceh. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari (20-22/09/2022), langsung dibuka oleh Kepala Biro SDM POLDA Aceh, Kombes Pol. Fajar Budianto, S.I.K di Gedung Presisi MAPOLDA Aceh

Dengan menghadirkan beberapa Narasumber. Muslahuddin Daud, (Bang Mus), dengan memberikan materi tentang prospek bisnis dunia pertanian, ia menjelaskan meskipun para peserta sudah memasuki masa pensiun, namun pilihan-pilihan yang dapat dilakukan sesuai usia itu sangat banyak.Kamis (22/09/2022).

Seperti memulai konsep agroforestry, dimana kombinasi hutan dan perkebunan, tanaman pangan dan hortikultur. Sector pertanian dapat dilakukan dengan biaya murah, 500 ribu per ha, dengan menanam kemiri, tanaman Vanilli dengan target capaian omzet mencapai  hingga 2 milyar, ungkapnya.

Selain itu ada juga narasumber lainnya sebagai testimoni atas keberhasilan usahanya dibidang budidaya kakao, seperti AKP Khairul, SH , beliau adalah alumni LATRAM 2021 yang juga dibawah bimbingan saya, berhasil mendapatkan pendapatan jutaan per minggu, tuturnya.

Kemudian untuk peternakan para peserta diajak berkunjungke salah satu usaha penggemukan sapi dan kambing di Gampong Lam Isek Peukan Bada Aceh Besar, tentunya sebagai anak muda kreatif dan inovatif, Mahfud, yang juga merupakan personel Polda Aceh telah memulai usahanya sejak 8 tahun yang lalu dengan awal 2 ekor sapi, kemudian berkat kerja kerasnya dengan prinsip management seperti Anak Tangga, Mahfud saat ini telah memiliki 200 ekor sapi dan 500 ekor kambing dan biri biri  dengan 8 orang yang bekerja merawat serta memberi makan ternaknya, ujar Mus.

Bang Mus mengajarkan teknik bagaimana budidaya cabe, alpukat dan jeruk, meski pelatihan diterik matahari, namun peserta pelatihan tampak sangat serius mengikuti setiap langkah serta menanyakan sejumlah pertanyaan dengan mendetil, imbuhnya.

AKBP. Eko Purwanto, S.Ag, MH sebagai Ketua Panitia yang bertindak mewakili Karo SDM POLDA Aceh menutup LATRAM, dengan berpesan agar peserra  memperoleh output latihan sesuai dengan tujuan dan harapan. Tiga tahun berturut-turut LATRAM ini telah diselenggarakan oleh Polda Aceh dengan harapan bahwa pensiunan personel Polda tidak pernah lagi merasa pensiun dengan memiliki usaha serta memperoleh penghasilan yang lebih memadai lagi. (m)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !