SOSOK

Barita Simanjuntak, Peranan Sentral Kejaksaan Yang Semakin di Perlukan

Banda Aceh – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh bersama Adhyaksadigital menggelar diskusi publik, acara yang dihadiri langsung oleh Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (RI), Kejaksaan Negeri (Kejari) se-Aceh dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (USK), dengan peserta mahasiswa/Mahasiswi Fakultas Hukum USK.

Kegiatan itu digelar di Gedung Peradilan Semu Fakultas Hukum USK, Banda Aceh, dengan tema Merawat Public Trust Kejaksaan Ditengah Penanganan Kasus Korupsi dan Penerapan RJ (Restorative Justice).

Ketua Komisi Kejaksaan RI, Barita Simanjuntak, mengapresiasi kegiatan tersebut kepada USK dan Fakultas Hukumnya. Sebab berinisiasi untuk melakukan satu percakapan ilmiah akademik dalam rangka public trust (kepercayaan publik) kejaksaan supaya tetap terjaga.

“Karena harapan besar dalam penegakan hukum tentunya adalah peranan sentral kejaksaan yang semakin diperlukan,” kata Simanjuntak usai kegiatan, Selasa (04/10/2022).

Apalagi, kata dia, dari hasil lembaga survei menunjukkan adanya kepercayaan semakin tinggi terhadap kejaksaan. Sementara perguruan tinggi, khususnya universitas maupun fakultas itu mempunyai kontribusi untuk mengingatkan, sekaligus memberikan hal-hal yang diperlukan.

Dalam hal itu, dia menyampaikan sebagaimana survei indikator politik, 2 Oktober lalu. Terhadap kepercayan publik menunjukkan yaitu, Kejaksaan Agung (Kejagung) 75 persen, Pengadilan 74 persen, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 73 persen, dan Polri 63 persen.

“Sebab kejaksaan adalah milik masyarakat, kejaksaan itu adalah milik bangsa dan negara yang semua komponen bangsa ini punya kewajiban untuk menjaganya agar tetap bisa dipercaya,” ujar Simanjuntak.

“Saya mengapresiasi dan juga berterima kasih kepada adik-adik mahasiswa, masyarakat, yang memberikan dukungan dan perhatian penuh suapaya kejaksaan tetap bisa terjaga.” Pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !