KHAZANAH

5 Kebaikan Temulawak: Pangkas Risiko Diabetes Tipe 2 hingga Cegah Kanker

Jakarta –Temulawak adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di wilayah Asia, termasuk Indonesia dengan salah satu khasiat memangkas risiko diabetes tipe 2.

Tanaman ini memiliki rimpang yang dapat membesar alias gemuk saat ditanam di tanah yang gembur. Biasanya, bahan yang satu ini dimanfaatkan sebagai sebagai bahan untuk pengobatan herbal atau menjaga kesehatan. Selain sebagai obat, temulawak juga dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, minuman, serta pewarna alami untuk makanan dan kosmetik. 

5 Deretan Manfaat Temulawak

Manfaat yang besar bagi kesehatan yang dimiliki oleh temulawak tidak bisa dilepaskan oleh kandungannya, seperti kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral. Berikut adalah beberapa khasiat temulawak yang bisa dinikmati:

1. Cegah kanker

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki temulawak membantu dalam pencegahan dan pengobatan jenis kanker, seperti kanker kolorektal, pankreas, prostat, payudara, dan lambung. Melansir everydayhealth.com, temulawak dapat membantu memperlambat penyebaran sel tumor, bahkan mencegah pembentukan tumor sejak awal.

2. Sehatkan saluran pencernaan

Temulawak merupakan salah satu bahan yang kerap dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi gangguan tubuh. Melansir everydayhealth.com, salah satunya temulawak dimanfaatkan sebaagi jamu yang baik dikonsumsi bagi penderita masalah saluran pencernaan, misalnya irritable bowel syndrome (IBS). Kandungan antioksidan temulawak yang tinggi membantu menangkal pengaruh radikal bebas yang merusak mukosa lambung.

3. Ringankan gejala osteoarthritis

Dikutip webmd.com, peran anti-infalamasi yang dimiliki temulawak terbukti mmebantu meringankan gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Peradangan tersebut berupa bengkak, nyeri, kemerahan sendi serta sendi yang kaku.

4. Kurangi risiko diabetes tipe 2

Temulawak dikenal sebagai bahan yang mampu menurunkan risiko mengalami diabetes. Mengutip ioaregenerative.com, hal ini karena temulawak dapat mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan cara sel pankreas beroperasi. Pankreas akan meningkatkan toleransi glukosa dan mendukung tubuh yang lebih sehat bila dikelola dengan benar.

5. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh                  

Dilansir healthline.com, temulawak dikenal karena kandungan antioksidannya yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh selain mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sistem imun yang terjaga akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya, termasuk infeksi virus, bakteri, dan kuman.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !