BERITAKHAZANAH

Festival Seni Budaya Etnis Alas – Gayo Segera digelar di Banda Aceh

Banda Aceh – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan mengadakan Festival Seni Budaya Etnis Alas – Gayo pada Selasa dan Rabu, tanggal 15-16 November 2022, di Amel Hotel and Convention Hall, Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Akmal menyampaikan, “Kegiatan yang mengangkat tema Gemuruh Seni dan Budaya Tanoh Alas – Gayo ini menampilkan sejumlah pementasan seni dan budaya dari Tanah Alas dan Gayo.”

Melalui event festival ini diharapkan dapat memperkenalkan keunikan seni dan budaya Tanoh Alas dan Gayo kepada masyarakat luas. Event ini juga bertujuan mempromosikan tanoh Alas dan Gayo sebagai salah satu destinasi wisata dengan corak budaya yang khas.

Pengunjung dapat menyaksikan beragam pagelaran kesenian teatrikal seperti tari Guel, Didong, tarian Reusam Berume, Pongot, Tangis Dilo, tari Pelebat, Saman dan tari kreasi.

Turut memeriahkan acara ini, penampilan dari sejumlah seniman lokal bertalenta seperti Sanggar Linge, Abd Jali, Ervan Ceh Kul dan Orang Hutan Squad.

Selain dimeriahkan oleh pentas seni bertabur bintang lokal aceh, kegiatan ini menurut Evi Mayasari selaku Kabid sejarah dan Nilai Budaya, pengunjung dapat mengenal lebih dalam lagi sejarah dan potensi alam Alas – Gayo seperti dapat melihat langsung kerajinan Kerawang Gayo di booth yang tersedia, kebun kopi indoor, self foto booth menggunakan pakaian adat Alas dan Gayo Lues, serta riwayat sejarah dan budaya mengenai tanoh Alas.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !