BERITA

Komisi I Terus Mendorong Kemkominfo untuk Fokus Mengembangkan ProgramPeningkatan Pemahaman dan Wawasan Anak Bangsa, Ini Penjelasan TRH

Tapaktuan –  Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) merupakan sektor pendorong utama pertumbuhan ekonomi masyarakat, selain itu TIK juga berperan sebagai enabler dalam transformasi sosial budaya yang diberbagai aspek di kehidupan masyarakat, hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR-RI, H. Teuku Riefky Harsya (TRH), MT dalam Seminar Merajut Nusantara melaui Webinar BAKTI dengan thema “Pemanfaatan TIK Sebagai Kesiapan Masyarakat Menuju Digitalisasi 5.0.” Selasa (07/03/2023).

TRH menjelaskan, Pada era globalisasai ini, TIK sudah menjadi kebutuhan yang mendasar, terutama bagi setiap orang dalam mendukung aktivitas sehari harinya, sayangnya penggunaan TIK ini tidak selalu digunakan/dimanfaatkan untuk tujuan yang dapat meningkatkan produktivitas, utamanya dalam proses pengembangan masyarakat.

Perkembangan masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi inti kebudayaan yang salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam menunjang akses pasar, modal, dan lainnya, tentu hal ini memerlukan pengelolaan SDM yang optimal guna meningkatkan pemahaman masyarakat di bidang TIK. Tentu dengan tujuan mempermudah pelaksanaan pekerjaan di masa depan, ungkapnya.

Disisi lain, era masyarakat 5.0 memiliki tujuan utama yakni menciptakan kesejahtaraan melalui pertumbuhan ekonomi dan perkembangan teknologi kepada seluruh lapisan masyarakat, “Nah, di era 5.0 ini adalah suatu bentuk kecerdasan sosial yang secara kuat dapat mengintegrasikan ruang fisik dan siber,” tegasnya.

Bahwa era society 5.0 dapat dipahami sebagai salah satu bentuk kehidupan masyarakat yang menggabungkan data melalui teknologi informasi untuk mendorong peningkatan kecerdasan sumber daya manusia. Utamanya dalam pengembangan dan pemanfaaat berbagai peluang yang ada, imbuhnya.

TRH juga menambahkan, Perubahan era 5.0 akan disertai dengan perubahan teknologi yang semakin cepat dimana akan selalu menghadirkan konsekuensi yang besar bagi masyarakat, sehingga dibutuhkan tata kelola sumber daya manusia yang konfrehensif, meliputi pembangunan sektor unggulan dan pembangunan SDM sektor kewilayahan.

Saya berharap dalam implementasi peningkatan kapasitan SDM mempunyai peran strategis dan penting sebagai bagian dalam mendukung kelancaran pembangunan nasional, sehingga tanpa ada pembangunan SDM yang baik, maka setiap target yang telah ditetapkan untuk mencapai pembangunan nasional akan sulit tercapai, ujarnya.

Oleh karenanya, penting bagi kita semua untuk terus melakukan perbaikan perbaikan melalui berbagai macam regulasi. Modernisasi kebijakan tata kelola SDM baik di tingkat pusat maupun daerah, kami sendiri di Komisi I terus mendorong Kemkominfo untuk fokus mengembangkan program-program peningkatan pemahaman dan wawasan anak bangsa, khususnya terkait peningkatan skil dan kemampuan digital, pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !