BERITAEKONOMITEKNO

Rony, QRIS Menjadi Kemudahan UMKM Untuk Mengetahui Berapa Omzet Setiap Hari

Banda Aceh – Bank Indonesia (BI) kini telah meluncurkan QRIS antar negara dan akan dikembangkan khususnya di Provinsi Aceh, karena QRIS antarnegara adalah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) berbasis kode QR yang dapat digunakan untuk transaksi lintas negara terutama di beberapa negara di asia seperti di Thailand, Singapore, Malaysia, Rabu (15/03/2023)

Kepala Perwakilan BI Provinsi Aceh, Rony Widijarto P, yang didampingi oleh Deputy dan Kepala Kehumasan KPwBI Banda Aceh, dalam sela kegiatan Ngopi Bareng Insan Pers mengatakan bahwa di Provinsi Aceh pihaknya akan terus berupaya meningkatkan perkembangan QRIS, apalagi menjelang perhelatan Akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, tentu akan ramai yang hadi dari berbagai Provinsi di Indonesia, sehingga secara otomatis ada daerah tertentu ketika bertransaksi pasti dengan non tunai sehingga kami dari Bank Indonesia Perwakilan Aceh akan terus lakukan peninggkatan kepada UMKM dengan Kode QRIS terus meningkat.

“Kita akan adakan kegiatan QRIS day yang diadakan dalam minggu ini di Kabupaten Aceh Barat, dan juga akan ada pekan QRIS, yang ini adalah salah satu hal yang akan terus di kembangkan karena akan banyak manfaat untuk transaksi masyarakat,” Dalam pengembangan QRIS tersebut, BI akan bekerjasama dengan pemerintah daerah agar dapat menjadikan QRIS sebagai transaksi yang benar. ujar Rony.

“Kemudian, kami mengawal dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah. Agar pengembangan ekologi kebiasaan yang baru ini dapat digunakan dengan benar untuk bertransaksi,” lanjut Rony, pertama kita akan mendorong ASN untuk kita selipkan bagaimana menggunakan Qris. Dan Qris akan lebih mudah bisa di aktifkan. Dan nanti targetnya meluas dari ASN ke kampus dan aparat lainnya.

Perlu juga diketahui, bahwa adanya QRIS antarnegara, transaksi tidak perlu lagi mengkonversi atau menukarkan mata uang, tapi cukup dengan memindai kode QR saja, ungkapnya.

QRIS itu cepat, mudah, murah, dan aman. Sehingga kita dapat membantu UMKM bagi masyarakat untuk bisa di gunakan sebagai pinjaman di setiap Bank disetiap daerah, tentu dengan QRIS juga menjadi kemudahan bagi UMKM mengetahui berapa omzet nya dalam setiap harinya, pungkasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !