BERITA

Asisten II Berikan Pembekalan Pada 2.710 Mahassiswa KKN XXII USK

Kota Jantho – Pejabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM yang diwakili oleh Asisten II perekonomian dan pembangunan Setdakab Aceh Besar M. Ali SSos MSi menghadiri pembukaan dan sekaligu memberikan pembekalan kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Syiah Kuala (USK) untuk Periode XXII dan Kolaborasi Tahun 2023 mulai tanggal 7 – 8 Mei 2023 yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Senin (08/05/2023).

Pada kesempatan itu, M.Ali yang mewakili Pj  Bupati Aceh Besar, menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan KKN dari mahasiswa reguler Periode XXIII dan kolaborasi tahun 2023. Hal ini merupakan salah satunya bagian dari pengabdian dimasyarakat.

“Karena, pengabdian dimasyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa dituntut untuk hadir ditengah masyarakat sebagai insan yang mampu memberikan kontribusi nyata secara inovatif dan solutif” katanya.

Lebih lanjut M Ali mengatakan, para mahasiswa harus menjadi mahasiswa yang mampu memberikan keteladanan ditengah kehidupan masyarakat. “Jadi, mahasiswa dengan bekal ilmu yang telah didapat dibangku kuliah haus menjadi teladan di masyarakat,” ujarnya

Disamping itu, ia juga berpesan agar memanfaatkan program KKN ini untuk meningkatkan nilai-nilai dalam diri mahasiswa.

“Karena belum tentu mahasiswa yang bagus di bangku kuliah, bisa diterima dengan baik di masyarakat. Jadi buktikanlah, kalau kita bisa berkerja sama dan nilai kerja sama ini bisa dinikmati masyarakat nantinya,” ucapnya.

Semetara itu, Kepala Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) USK  Drs. Zulfitri, M.Biomed dalam laporannya mengatakan, Jumlah KKN kali ini melibatkan 2.710 mahasiswa serta 140 mahasiswa dari 3 PTN Kolaborasi yaitu Universitas Teuku Umar, Universitas Samudra Langsa dan Universitas Islam Negeri Ar Raniry.

“Kegiatan KKN ini akan dilaksanakan di Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Aceh Besar.  Rencananya, program pengabdian kepada masyarakat tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Mei – 26 Juni 2023,” ujarnya

Ia menambahkan, adapun tema yang diangkat pada KKN kali ini adalah Pemanfaatan Produk Lokal dalam Upaya Pencegahan Stunting dan Memperkuat Sistem Informasi Gampong (SIGAP).

“Jadi ada tiga kata kunci yaitu pemberdayaan produk lokal, pencegahan stunting dan pemanfaatan aplikasi SIGAP. Inilah kemudian menjadi program-program KKN bagi mahasiswa untuk men-support tiga kata kunci itu dengan sukses,” pungkasnya.

Turut hadir, H Idhami, SSos MSi (sekda Kabupaten Pidie ), DR Zulkifli MSi (kepala BPMG Aceh), Dr. dr M Yani, Kes (Konsutan strategi komunikasi stunting & kedeputian ADPIN BKKBN Pusat) dan para narasumber sumber berserta mahasiswa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !