BERITAKHAZANAH

5 Manfaat Matcha, Minuman Kekiniaan yang Bisa Cegah Kanker

MATCHA merupakan jenis teh hijau yang terbuat dari daun teh utuh dan bubuk. Matcha berasal dari tanaman camellia sinensis yang cara penanamannya berbeda.

Matcha ditanam 20-30 hari dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi klorofil, asam amino, dan mengeluarkan warna hijau yang lebih gelap. Setelah daun tehnya dipanen, batangnya dibuang dan daunnya digiling halus, hingga menjadi bubuk.

Ada banyak cara untuk menikmati matcha. Anda dapat membuat teh matcha tradisional dengan mengayak 1–2 sendok teh bubuk matcha ke dalam cangkir, dan menambahkan 59 ml air panas, lalu aduk hingga rata. Anda bisa tambahkan es batu untuk membuat rasa lebih segar.

Untuk variasi lain, Anda bisa tambahkan matcha ke dalam teh atau latte. Bisa juga ditambahkan ke dalam campuran bahan makanan sehingga rasanya lebih lezat. Namun kini sudah banyak minuman kekinian yang menggunakan bahan dasar matcha. Salah satunya kolaborasi Tango Waffle dengan Feel Matcha.

“Matcha merupakan bagian dari tren gaya hidup sehat saat ini. Jadi produk kolaborasi ini selain bercita rasa enak juga cocok buat mereka yang peduli dengan kesehatan,” ujar Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, Harianus Zebua.

Memang, sejak beberapa tahun terakhir popularitas matcha mulai meroket di seluruh dunia. Selain dijadikan sebagai minuman teh murni, matcha juga dikreasikan menjadi kudapan kekinian, seperti es krim, cake, frappe, dan masih banyak lagi.

Matcha juga bagus untuk kesehatan lho. Di dalam matcha terkandung nutrisi dari seluruh daun teh dan mengandung lebih banyak kafein dan antioksidan dibanding teh hijau biasa. Lantas apa saja sih manfaat dari matcha? Berikut rangkumannya dari Healthline.

Kandungan antioksidan yang tinggi

Di dalam matcha mengandung katekin yang merupakan senyawa tumbuhan di dalam teh yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Antioksidan dapat membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya. Senyawa ini juga dapat merusak sel penyebab penyakit kronis.

Membantu liver

Menurut beberapa peneliti, matcha ditemukan bahwa matcha dapat membantu melindungi kesehatan liver dan mencegah risiko penyakit hati.

Menurunkan berat badan

Matcha juga dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian tahun 2020 menyimpulkan, saat seseorang diet dan olahraga serta diikuti dengan konsumsi teh hijau hingga 500 mg per hari selama 12 minggu dapat mengurangi indeks massa tubuh.

Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian juga menunjukkan beberapa komponen di dalam matcha dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Matcha memiliki konsentrasi kafein yang lebih tinggi daripada teh hijau. Tergantung pada jenis, merek dan pengolahannya, teh hijau cenderung mengandung sekitar 11–25 miligram per gram (mg/g), sedangkan matcha mengandung 19–44 mg/g.

Matcha juga mengandung senyawa yang disebut L-theanine, yang mengubah efek kafein, meningkatkan kewaspadaan dan membantu menghindari penurunan tingkat energi yang dapat mengikuti konsumsi kafein. Studi kecil lainnya menunjukkan mengonsumsi 2 gram bubuk teh hijau setiap hari selama 2 bulan membantu meningkatkan fungsi otak pada orang tua.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat matcha dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan di dalam matcha dapat membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan komplikasi lain pada orang dengan penyakit jantung.

dikutip : Berita Okezone

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !