BERITAPUBLIKASI

Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan MTQ ke- IV Indrapuri

Aceh Besar – Memasuki hari ketiga pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-IV tingkat Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, masyarakat terlihat berbondong-bondong datang untuk menyaksikan berbagai cabang yang diperlombakan.

Antusiasme warga kian tak terbendung saat lomba tilawah remaja dan dewasa pada Kamis,2 0 Juli 2023 malam sehingga tumpah ruah dihalaman mesjid Abu Indrapuri.

Arena utama MTQ itu benar-benar dipenuhi penonton dari berbagai penjuru. Bahkan, warga rela duduk dilantai aspal untuk menyaksikan lomba tilawah dan berbagai cabang lain.

Menariknya lagi, para penonton itu tidak hanya masyarakat Kecamatan Indrapuri, tapi juga datang dari sejumlah desa dan kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Ibu Mardakena misalnya, ia bersama keluarga sengaja datang dari Darul Kamal untuk menyaksikan pelaksanaan baik pembukaan maupun dihari ketiga pelaksanaan MTQ  tingkat Kecamatan Indrapuri.

“Kami bersama keluarga dari Darul Kamal sengaja datang ke sini untuk menyimak ayat-ayat suci Al Quran dikumandangkan, para qari-qariah,” ujarnya. 

Sementara itu ketua panitia, Mahya Zakwan S.Ag menyampaikan, cabang yang diperlombakan dalam MTQ kali ini meliputi Tartil Qur’an putra putri yang diikuti 17 peserta, Tilawatil Qur’an golongan anak-anak putra putri yang diikuti 17 peserta.

Kemudian, Tilawatil Qur’an golongan remaja putra putri 13 peserta, Tilawatil Qur’an golongan dewasa putra putri 9 peserta, I juz dan tilawah putra dan putri 19 peserta, 5 juz dan tilawah putra dan putri 6 peserta, 10 juz putra dan putri 4 peserta, 20 juz putra 2 peserta, Fahmil Quran Putra diikuti 5 kafilah kemesjidan, Fahmil Qur’an Putri diikuti 10 kafilah kemesjidan, Syarhil Quran Putra 2 kafilah, Syarhil Quran Putri 9 Kafilah, Khat Naskah 6 peserta, Azan 13 peserta dan Khutbah Jumat 10 peserta.

“Total ada 15 cabang lomba yang akan diperlombakan di MTQ ini yang diikuti sekitar 150 peserta dari 13 kemesjidan yang ada di 52 Desa di Kecamatan Indrapuri” jelas Mahya.

Ia mambahkan, dengan terselenggaranya MTQ ini selain memberikan segi manfaat, juga berdampak ke segi ekonomi masyarakat sekitar yang ikut meramaikan dengan cara berjualan.

Saat pembukaan MTQ ke-IV pada malam pertama mulai 18 – 23 Juli 2023, Ia mengaku melihat masyarakat antusias datang ke tempat acara dihalaman mesjid Indrapuri.

“Semoga kedepannya MTQ ke-IV Kecamatan Indrapuri lebih meriah lagi dan semakin sukses untuk para peserta yang mengikuti lomba di MTQ kali ini,” tutupnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !