EKONOMI

Dampak PMK, Pedagang Pasar Daging Lambaro Sepi Pembeli

Aceh Besar – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak sapi selama ini sangat di risaukan oleh para peternak sapi bahkan pedagang daging sapi, apalagi saat ini menjelang hari raya Idul Adha kebutuhan sapi untuk Qurban menurun, selain itu juga harga sapi juga meningkat tinggi.

Pasar daging lambaro tampak sepi pembeli, semenjak kasus PMK ini, hal tersebut sebagaiamana pengakuan pedagang daging sapi Pasar Inpres Lambaro Aceh Besar Bang Adi kepada media ini, Selasa (28/06/2022).

Ianya mengakui, semenjak PMK ini sangat sepi pembeli, bahkan kita gantung 2 (dua) paha sapi habis satu hari, sekarang malah 2 hari baru habis, serta pendapatan juga menurun jauh.

Untuk saat ini harga daging sapi di pasar lambaro kisaran Rp 150.000 hingga Rp 160.000 per kilogram, memang saat seperti ini biasanya sudah ramai pembeli, tetapi 80 kilogram daging saja belum tentu habis satu hari, ketika ada daging sisa maka kami menjual kepada pedang bakso mereka membeli dengan harga Rp 140.000 per kilogram, ujarnya.

Tentu saat pemotongan sapi kita lakukan di rumah potong, juga ketika masuk ke rumah potong sudah ada petugas kesehatan hewan dan dokter hewan yang menyakan tentang asal usul sapi yang akan di potong serta dilakukan pemeriksaan bahkan sample darah dikirim ke laboratorium, setelah keluar hasil sehat semua baru di sembelih sapi tersebut, ungkapnya.

Bahkan setiap pagi para petugas kesehatan hewan datang ke pasar lambaro mengecek jumlah sapi yang disembelih sama dengan yang masuk ke rumah potong, serta memastikan tidak ada daging sapi yang masuk dari luar pemotongan, memang kita disini para pedagang daging ada 14 (empat belas) orang, tetapi banyak yang tidak berjualan, imbuh Bang Adi.

Sementara itu untuk harga daging ayam broiler mengalami kenaikan berada kisara harga Rp 57.000 per ekor, sebagaimana harga biasanya Rp 55.000, karena menjelang lebaran sudah pasti akan naik harga, tutur martunis salah satu pedagang ayam.

Untuk stok ayam broiler cukup sampai lebaran nanti, pembeli bisanya rame pada hari Jum’at dan Sabtu, pungkasnya. (m)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Oops ! Mohon Maaf Anda Tidak Bisa Meng-Copy Paste Contes di Situs Kami !